PAYMENT PROCESSOR


Dalam menjalankan Online Business yang bersifat global kita harus memiliki akun di Payment Processor, yaitu semacam lembaga keuangan yang menyediakan jasa transaksi keuangan online. Melalui Payment Processor inilah kita akan melakukan penyimpanan / deposit, pembayaran, dan penarikan uang. Ada beberapa processor yang umum digunakan, Paypal yang lebih dulu ada, Payza (dul ubernama Alertpay), Liberty Reserve, Solid Trust, dan ada beberapa lagi. Tapi dalam penjelasan ini saya hanya akan menjelaskan 2 processor saja, yaitu AlertPay (AP) dan Liberty Reserve (LR) karena 2 processor ini sekarang yang banyak penggunanya.



Proses Transaksi :


 

Setelah kita punya akun dalam sebuah Payment Processor, kita dapat melakukan transaksi OB yang menggunakan processor tersebut. Sebelumnya kita harus mengisi ballance / deposit di processor tersebut melalui kartu kredit atau bank (transfer melalui bank disebut Bank Wire dan prosesnya agak lama bisa sampai seminggu baru terkirim). Setelah processor kita terisi dana, baru kita dapat melakukan transaksi dengan OB yang kita ikuti. Dalam hal menarik komisi dari OB, prosesnya adalah kebalikannya. Kita melakukan penarikan dana dari OB ke dalam processor dan dari processor kita bisa transfer langsung ke kartu kredit atau ke bank lokal (bank lokal Indonesia yang menyediakan link dengan processor ini masih terbatas, silahkan search di google dengan kata kunci "mentransfer dana alertpay ke bank lokal Indonesia").  Baru-baru ini Payza menyediakan kartu debit yang dapat digunakan untuk menarik dana melalui ATM yang berlogo Visa.


Membuat Account di Payza (Alert Pay) :

Untuk Panduan Silahkan klik link dibawah ini :


Langkah-langkah dalam membuat akun alertpay silahkan buka link berikut 






PERTIMBANGAN UNTUK MEMILIH PAYMENT PROCESSOR



  Alertpay

Alertpay  merupakan perusahaan yang menyediakan jasa transaksi  penjualan/pembelian secara oniline melalui e-currency. Alertpay  berkedudukan  di Montreal, Quebec, Kanada dan berdiri pada tahun 2005.  Alertpay telah mensupports 22 mata uang dan diterima oleh  bank dari  43  negara.


Kelebihan :
  • Terdapat sistem dispute, apabila hyip yang diikuti tidak membayar ada  kemungkinan dikembalikan oleh alertpay melalui dispute (syarat dan  ketentuan berlaku)
  • Lebih  dianak emaskan oleh admin hyip karena pembayaran melalui alertpay ini  biasanya lebih lama bertahan dibandingkan dengan pengguna payment  processor lainya. Maksudnya apabila ada suatu hyip yang akan scam,  pengguna liberty sudah tidak lagi menerima pembayaran, tetapi pengguna  alertpay masih dibayar karena admin hyip takut apabila account alertpay  mereka di feeze.
  • Banyak merchant online yang juga menerima pembelian barang melalui Alertpay 
Kelemahan :
  •  Account harus diverified apabila ingin bebas bertransaksi secara  unlimited, apabila menggunakan standart account dibatasi maximal  transaksi 100$ per bulannya.
  • Fee yang besar
  • Minimal pembayaran melalui alertpal sebesar 1$
  • Sangat sedikit hyip yang menerima alertpay sebagai alat pembayarannya.